Langsung ke konten utama

5 Resep Masak pakai Magic com

Hi blog, 
Apa sih tentang memasak? Entah sejak kapan saya jadi suka memasak. Mungkin sejak doyan makan yang berimbas menggendat. Tentang memasak ini membuat saya selalu mencari cari resep untuk memasak. Dan terkait kondisi kosan yang ngga bisa masak dengan kompor. Akhirnya tentang memasak saya harus berakhir masak pakai magic com. 
Magic com emang bisa? Ya bisa lah, buktinya saya bisa bikin dim sum, tahu bakso. :) Masak pakai magic com ini saya mulai dengan membuat dim sum. berbekal goodling resep, akhirnya jadilah dim sum, burger, tahu bakso, spring roll, ayam kecap. Semua bisa masak pakai magic com. 
Untuk kamu yang ngekos dan udah ngga tahan pengen masak. Coba aja masak pakai magic com. 

1. Burger Keju

Burger keju
 Untuk membuat Burger keju cukup mudah. Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat burger keju dan masak pakai magic com? Waktu itu saya belanja di carrefour, berikut adalah bahan-bahannya, ukuran tergantung kebutuhan ya : 
  • Roti
  • Ham dipanasi di magic com dan diberi sedikit garam dan lada
  • Selada +tomat  
  • Keju, Mayonaise
Setelah semua siap, lalu siapkan piring, dan tata di atas piring. Urutan yang saya buat adalah : urut dari atas ke bawah : roti-selada-ham matang-mayonaise-keju--tomat-selada-roti. Oiya kalau mau tambahkan bawang bombay. Saya kurang suka bawang bombay mentah, jadi tidak menggunakan. 
Mudah kan masak pakai magic com?  Coba aja untuk bekal ke kantor. 

2. Tahu Bakso
Tahu Bakso digoreng di rumah orang
Tahu Bakso

Masak tahu bakso dengan magic com juga bisa. Bahannya adalah sebagai berikut : 
  • Tepung Sagu 5-7 sendok teh
  • Tahu 10 buah, saya pakai yang kotak dan jenisnya tahu pong, lalu belah 2 dan buang isinya
  • Daging cincang (di supermarket banyak, kalau ke pasar beli yang tanpa tulang lalu dicacah pakai pisau juga bisa) saya beli 20ribuan yang cincang di supermarket
  • daun bawang 2ribu dipasar, ambil batangnya saja
  • bawang 5 siung, kupas dan haluskan
  • lada seujung sendok
  • garam secukupnya
  • es batu/air es kira kira 20-30ml
Masak pakai magic com untuk tahu bakso, siapkan bahan-bahannya lalu masukan menjadi 1 adonan sampai kalis. Jadi untuk mencampurnya dengan baik saya pakai tangan, dengan cara meremas remas adonan. Oiya untuk es batu di akhir saja jika sudah kalis. setelah itu masukan ke dalam tahu. Setelah sudah masuk semuanya, panaskan air di magic com. Dan kukus dengan saringan yang selalu satu paket dengan magic com. Kukus sampai matang. 

Bahan-bahan Tahu bakso

 3. Ayam Kecap
Masak ayam kecap pakai magic com juga mudah. Cukup siapkan bahan bahan berikut :

  • Bawang bombay 1 buah, potong potong kecil
  • Bawang putih 4 siung, geprek
  • Ayam 1/4 kg
  • Kecap
  • Garam
  • Lada
  • Cabe
  • Air 1 gelas
Nah, Masak pakai magic com? Bisa donk, pertama panaskan 2 sendok minyak di magic com dan masukan ayam yang sudah dicuci. Dan tutup atau bisa dibilang ungkep. Setelah 3 menit, buka dan aduk aduk. Jika warna ayam sudah berubah pucat, masukan bawang bombay dan bawang putih lalu aduk sampai 2 jenis bawang ini lemes. Setelah itu masukan air 1 gelas/ secukupnya dan masukan garam, lada dan cabe. Tunggu sampai air menjadi nyemek. Sambil adjust juga rasanya yah... Sudah matang? Makan deh pakai nasi hangat... :) 

Ayam Kecap

4. Dim Sum Ayam

Masak dim sum pakai magic com yuk. Mudah sekali sebenarnya dan hanya butuh waktu 3o menit kira kira. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa diperoleh di pasar tradisional sekitar kamu : 
  • Kulit lumpia 1 pcs biasa berisi 10-15 beli di tukang sosis
  • Tepung sagu
  • Daging cincang, bisa ayam, udang (10ribu aja di pasar cukup)
  • Batang daun bawang
  • 2 sendok kecap ikan
  • 1/2 sendok minyak wijen
  • seujung sendok lada
  • garam secukupnya
  • bawang putih 4 siung, haluskan
  • wortel parut secukupnya
Okay bahan sudah siap? Kita akan masak pakai magic com. Pertama tama kita campurkan adonan daging cincang lalu tepung sagu sekitar 4-6 sendok tergantung selera, lalu masukan batang daun bawang yang sudah dicincang dan bawang putih halus, lada, garam, minyak wijen, kecap ikan. Setelah disatukan dan dirasa sudah menyatu dalam kasih (hehe... ). Lalu siapkan kulit lumpia yang agak basah (basahi sedikit dengan air). Masukan menggunakan sendok ke dalam kulit lumpia, sampai lengkap. Setelah itu tambahkan wortel parut di atasnya. Wortel parut ini untuk mempercantik saja, jadi bisa pakai atau tidak yah. Then.. kukus di atas magic com sampai matang. Mungkin sekitar 20 menit yah. 

Masak Dim sum pakai magic com

Dim sum cantik untuk bekal ngantor
 5, Spring roll Vietnam

Kalau tadi kita masak pakai magic com, kali ini saya juga mau share pengalaman membuat spring roll. Oiya masih pakai magic com dink, karena so un yang harus direndam air panas dulu. Spring roll apa sih? Saya juga mengenal Spring roll, karena follow selebgram yang vegan. Menurut wikipedia, spring roll adalah istilah lumpia dalam bahasa inggris. Nah untuk yang satu ini saya buat khas vietnam. Jadi kalau makan di resto vietnam biasanya dijual spring roll rasanya segar dan cocok untuk kaum vegetarian. Bahan bahan-nya adalah : 
  • Rice paper (saya beli di tokopedia, seharga sekitar 30ribuan dengan merk Safoco)
  • Selada
  • So un 1 bungkus kecil dan dilemesin dulu ya pakai air hangat
  • wortel+sucini potong batang kecil dan rendam pakai cuka biar lemes, atau rendam air garam. Rendam 15 menit lalu tiriskan
  • Udang kupas. Kupasnya setelah di oseng sebentar di magic com yah, atau di masukan ke air panas sebentar
  • Taoge, beli 2 ribu di pasar aja udah banyak banget
Okay, sekarang gimana ya caranya pake rice paper ini? karena bentuknya itu kaku. Caranya siapkan air hangat di dalam wadah yang lebar ya, kira kira diameter 20cm. Lalu masukan ke air hangat bolak balik sampai agak lemas, jangan lemas banget takut sobek. Lalu tempelkan di telenan, dan masukan bahan bahan seperti selada, wortel, so un, taoge dan udang di paling atas supaya menarik. Masak pakai magic com mudah kan? Apalagi untuk membuat spring roll ini malah dikit banget. 

Oiya saya ngga sempet fotoin pas melipat rice paper ini, emang butuh orang lain untuk motoin sebenarnya karena tangan kepakai untuk megang bahan bahan. Nah untuk penggulungannya hampir seperti gulung lumpia, gaya amplop ya. 

Sambel untuk spring roll : 
  • kecap ikan 2 sendok
  • cabe 3 buah potong cacah
  • bawang 1 siung potong cacah
  • air 3 sendok
  • gula pasir setengah sendok atau seperempat
Campur menjadi satu, dan siap untuk cocolan. 

Tips membuat spring roll - masak pakai magic com: 
  1. Saat melemeskan rice paper jangan terlalu lemes, agak kaku dikit gapapa. Karena kalau lemes akan sobek
  2. Wortel dan sukini lemesin dulu, kalau nggak nanti akan kaku dan saat penggulungan dengan rice paper bisa membuat sobek 
Image result for tokopedia rice paper
Rice paper merk Safoco
Bahan bahan membuat spring roll
 
Penataan spring roll di atas telenan


Spring roll-masak pakai magic com


Okay Blog, demikian kira kira sharing saya tentang masak pakai magic com. Semoga bisa menginspirasi untuk kamu anak kos, yang bosan sama masakan warung dan jauh dari orang tua. Yuk cobain... 
Salam
Siska

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mampir di stasiun Cirebon

Ini pengalaman pertama saya ke cirebon (biasanya hanya lewat). Dikarenakan tiket lebaran yang ajaib susahnya dicari, akhirnya saya ke jakarta transit di cirebon. Pukul 03.35 berangkat dari stasiun Tugu dan sampai di Cirebon pukul 09.15. Saya googling hal apa yang bisa ditemukan ketika berada di Cirebon, kebanyakan kuliner dan ke kasunanan. Tapi ketika saya sampai, woooow panasssss. Menyesal rasanya mandi air hangat pukul 3 pagi, karena saya mandi di stasiun dan airnya hangat.....  Oiya, ketika keluar dari stasiun Cirebon, akan banyak sekali tukang becak dan tukang carter mobil menawarkan jasa mengantar ke tempat belanja atau makan empal gentong, dan keraton. Nah, sambil menunggu cirebon ekspres yang akan berangkat 16.35, saya coba sekedar jalan jalan di sekitar stasiun. Nah, setelah itu saya makan di sebrang stasiun, ada 2 warung yang nampak, yaitu empal gentong pukul jabon dan putra darma. Karena, pas saya googling banyak yang bilang darma-darma gitu... Akhirnya saya ma

Fasilitas di Taman Menteng

Famous Taman Menteng Mendengar kata Taman Menteng, pertama kali yang ada di benak adalah sebuah taman yang sering dikunjungi oleh Dian Sastro (keseringan kepoin IG-nya Mba Dian). Nah, betul yang memang berkat google kita bisa tau banyak hal. Maka sayapun mencoba mendatangi Taman Menteng. Beberapa bulan lalu, saya dan teman kantor makan siang di Taman Menteng dengan membawa bekal. . Sekarang saya mau cerita tentang fasilitasnya, kalau tentang bentuknya seperti apa bisa lah ya googling gambarnya sendiri. Fasilitas di Taman Menteng ini ternyata sudah lengkap loh.  Berikut adalah fasilitas di Taman Menteng (Maaf stok foto malam): 1. Parkir Ternyata benar ya, ada parkiran gedung yang bisa menampung puluhan kendaraan. Dan parkirnyapun resmi lho. Jadi ada 3 lantai parkirannya. Fasilitas di Taman Menteng sudah baik menurut saya, untuk turunnya kita bisa melalui tangga. Dan masuk area parkir ada di pintu seberang Menteng Sentral. Dan saya tanyakan sih, parkir bisa sampai malam sekitar